Sejarah Css (Cascade Style Sheet)

Assalamualaikum…
Hal pertama sebelum kita mendalami sesuatu itu harus berkenalan dengan Materi yang akan kita pelajari, Tak kenal maka tak sayang…hehe

CSS atau lebih lengkapnya disebut Cascade Style Sheet merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang mutlak digunakan untuk merancang web layout. Tujuan digunakannya CSS dalam membuat suatu halaman web agar diperoleh suatu web layout yang konsisten pada style elemen tertentu sehingga akan terlihat lebih terstruktur dan seragam.

CSS pertama kali dikembangkan pada tahun 1996, dimana World Wide Web Consortium atau W3C sebuah lembaga konsorsium untuk standarisasi web menyusun draft proposal untuk membuat CSS. Setelah proposal diterima, berjalanlah proyek pembuatan CSS ini hingga muncul CSS level 1. CSS level 1 ini mendukung beberapa pengaturan seperti:

  • Jenis font dan ketebalan font
  • Warna, background dan teks
  • Posisi teks, gambar, dan lainnya
  • Margin, border dan padding
Dipertengahan tahun 1998, W3C kembali mengembangkan CSS dari level 1 menjadi CSS level 2.CSS1 dikembangkan untuk pemformatan dokumen HTML, sedangkan CSS2 pengembangannya berpusat kepada dokumen media agar mampu tampil dalam web.
Sampai saat ini CSS sebenarnya telah sampai pada level 3. Tapi level 3 ini masih dalam tahap pengembangan dan kebanyakan web browser masih menggunakan CSS2 yang masih merupakan standar untuk halaman web.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s